Sunday 27 April 2008

LIPUTAN WORK SHOP 19 APRIL 2008








another accomplishment....
Setelah acara baksos yang “aman dan sukses” telah terselenggara pada Minggu 6 April 2008, kembali kami masih harus bekerja keras …karena 19 April 2008 kami menggelar Workshop dan Talkshow bagi para siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta kelas X dan XI.

Rapat marathon.. hampir setiap sore sampai malam harus diadakan utk menyiapkan acara tsb.

Duh, masih banyak yang harus disiapkan… merekap nama peserta tiap kelas, membuat ambience, konfirmasi pembicara, MC, Run Down Acara global, Run Down Acara tiap kelas, LCD projector, Wireles, Back drop... Semangat!

Pendaftaran sudah kami mulai tanggal 1 April 2008, dan sebelumnya Vita, Iit, dan Nana, melakukan sosialisasi ke OSIS dan para ketua kelas. Hari pertama pendaftaran, sekretariat sudah diserbu dengan para siswi, kasihan Dora yang tiba-tiba kedatangan tamu yang begitu banyak "HARI INI FULL PRESS BODY..bangettt" pesen Dora di LOG BOOK sekretariat...haha..

Acara ini kami persembahkan kepada para siswi, sebagai bentuk kepedulian kepada adik kelas dan SMA tercinta, dengan ”berbagi” ilmu dan ketrampilan agar dapat menjadi wanita yang smart dan mandiri... (bgitu deh kira kira gambaran seorang Srikandi Mrak Ati..) dan acara ini kami sebut ”Srikandi Rocks”. Untuk mengikuti Workshop ini semua siswi tidak dipungut biaya..alias gratis… dalam sosialisasi kepada OSIS dan para ketua kelas telah dijelaskan bahwa tiap kelas Workshop dan Talkshow sangat terbatas kapasitasnya, jadi bagi yang sangat ingin mengikuti agar segera bebas memilih dan mendaftar workshop yang ingin diikuti.

Sabtu, 19 April 2008
Pukul 6, panitia dan petugas check sound dan audio visual sudah sampai di sekolah, hanya tinggal pengecekan sana-sini, di tiap kelas Sound, LCD projector, screen, kursi, meja, tikar, snack, minum, mudah-mudahan semua beres….. Pukul 07.00 setelah para siswi berangkat ke gereja, panitia berdoa dan briefing dipimpin Terry Acara.
Pukul 07.30 kami konfirmasi keberangkatan dan penjemputan pembicara. Deg-degan juga kalau ada halangan.. Nah, pesawat mas Andrea delay…Satu persatu para pembicara mulai berdatangan dan langsung menuju ke ruang transit (R.21) yang disambut senyum manis dan ditemani oleh Bu Ndari, Bu Ina, dan Dewo’91 (terima kasih mbak dan bu….).
Pukul 08.30 para siswi berdatangan dari gereja St. Antonius Kota Baru, dan oleh Iit diumumkan via TOA alias loud speaker (tink..tonkkk..) bahwa semau siswi harus segera masuk ke kelas Workshop mereka masing masing. Sementara itu Pak Lis, Pak Pram, Bu Yuli Pak Joko dll memasuki Ruang Transit untuk menemui para pembicara sebagai ucapan selamat datang dan terima kasih kepada para pembicara.
Pukul 09.30, berpacu dengan waktu….. Workshop dan Talkshow dimulai.

Kelas-kelas Workshop dan Talkshow

Cooking Class :
1.Masak bersama Chef Ragil
Lokasi : Lab. Masak alias Dapur, kebayang gak sih, dapur kita yang “hitam” dan jauh dari sejuk itu didatangi seorang chef Ragil ?..… Tapi beliau baik kok, tidak mempermasalahkan keadaan dapur kita.
Peserta : 35 siswi dengan PJ : Diva’07 dan Cristie’91, eh ada MC nya juga oleh mas Wisnu.
Acara penuh semangat, dengan resep antara lain Spaghetti pedas, crepes siram saus coklat yang ueenak… Walau panas, tetapi adik-adik kita santai, semangat, mengikuti acara memasak dengan chef Ragil. Eh, ada 3 bu guru nih ikutan liat, ngefans sama Chef Ragil …..Acara ini disponsori oleh Bimoli dan Simas Margarine. Sekedar info bagi para kakak Alumna, kompor kita tidak lagi anglo dan minyak tanah, tapi “Program Konversi Minyak Tanah ke Gas..” sudah dilakukan STECE beberapa tahun lalu sebelum pemerintah…hehehe..

2.Masak bersama Rose Brand

Lokasi : Garasi Motor, … garasi yang selalu berdebu itu (karena ng’hadap jalan…) kita sulap jadi dapur yang berangin meskipun tetap agak berdebu sih… Parkir motor siswi dipindahkan ke lapangan voli.
Peserta : 35 orang dengan PJ : Curut’2007, begitu acara memasak dimulai semua peserta dengan antusias boleh mendekat, waduh para mbak Rose Brand jadi gak keliatan… Walau panas juga, tetap gak kalah seru dan semangat sperti di Lab Masak.

3.Open Kitchen Mc Donalds
Lokasi : Restoran Cepat Saji Mc Donalds, tetangga sendiri.
Peserta : 50 orang dengan PJ : Monci’03 yang penuh semangat mengarak rombongan ke tetangga sebelah. Peserta pun juga tidak kalah semangat, bahkan saking semangat dan kompaknya 39 peserta adalah anggota satu kelas XI IS3. Sesuai dengan materi yaitu Open Kitchen, Mc D pun membuka dapurnya, dan para siswi boleh mencoba membuat dan menuang ice cream cone yang enak itu, juga membuat/ meracik burger sendiri, serta ikut melayani di drive thru, kasir, wah dapur Mc D semarak dengan cewek-cewek rok kotak-kotak biru. Bahkan Mc D pun memberi kesempatan bagi para siswi untuk mengikuti magang.

Handycraft :
1.Clay Creativity bersama Clay Station
Lokasi : R. 17
Peserta : 20 orang saja, dengan PJ : Tata Talitha’07 .
Workshop ini membuat berbagai macam bentuk dengan bahan clay, yaitu tepung clay. Para siswi diajarkan membuat berbagai macam yang bisa dibentuk lagi sebagai gantungan kunci, gantungan handphone, dan accesories kecil lainnya. Sang PJ pun ikutan membuat boneka kecil yang lucu dan segera diberi nama “kepala babi bloon”

2.Wrapping bersama Kado Kita
Lokasi : R. 12
Peserta : 30 orang, dengan PJ : Putri’05
Workshop ini memberikan ketrampilan wrapping alias bungkus membungkus dengan kertas kado atau kertas koran, serta membuat berbagai macam bentuk pita. Sangat menarik dan asyik, apalagi ada door prize mungil utk yang paling kreatif dan paling sipp hasil wrappingnya.


Modelling bersama Mbak Poppy dan Mbak Lindi
Lokasi : R. 14
Peserta : 30 siswi, dengan PJ : Iit , MC : Dika’07
Acara ini diawali oleh mbak Poppy yang memberikan tips-tips menjadi model, serta saat mengikuti kejuaran modelling. Karena beliau adalah finalis putri Indonesia, pantas... cantik ya dia...
Sesi kedua diisi oleh mbak Lindi (runner up Putri Indonesia) , yang memberikan tips-tips jalan di catwalk, serunya saat para siswi diberi kesempatan untuk mencoba cara berjalan ala peragawati dengan “high heels” masing-masing. Tapi ini belum seru jika Dika sang MC yang super tomboy itu ikutan mencoba jalan ala peragawati.

Barrista bersama Kedai Kopi
Lokasi : R. 11
Peserta : 50 siswi, dengan PJ : Tissa’06
Setiap naik ke lantai 2, hhmmm.. selalu tercium harum kopi. Kelas Barrista ini memang memberikan ketrampilan barrista, yaitu meracik dan membuat resep-resep minuman kopi ala barrista dan ala kedai kopi. Ternyata tidak sekedar menuang kopi tubruk gitu aja ya.. Minuman itu harus diracik saat masih menjadi biji kopi. Sruuu...put.. para siswi diberi kesempatan untuk membuat dan mencoba kopinya sendiri, dan Kedai Kopi pun segera membagikan minuman kopi bagi para siswi. Banyak pertanyaan antusias dari para siswi, bahkan bahaya minum kopi berlebihan bagi tubuh manusia. Eit, ada kopi spesial nih khusus Ratu Acara kita : Christi..

Beauty Class Bersama Natasha Skin Care dan Hanny salon
Lokasi : R. 20
Peserta : 50 orang dengan PJ : Sari’06 dan Dyah’07, MC oleh Desi’07
Terbagi 2 sesi yang didahului dari Natasha skin care oleh dr. Lusy dengan tema : Hati-hati dengan Jerawat. Berlangsung hanya sebentar, bahkan tidak sempat bertemu dengan Pak Lis dan Pak Pram, sampai pulang pun harus buru-buru.
Sesi berikutnya paling seru karena ada demo kecantikan oleh mas Heru dari Salon Hanny. Gimana sih make up minimalis yang oke ? Cantiknya... yang mau didandani dari muka sampai rambut.

Talkshow ”Optimalisasi Diri” bersama Lusi Laksita ( mama Lusy )
Lokasi : Aula
Peserta : 115 orang dengan PJ : Rita, MC : Weny
Talkshow ini dengan peserta terbanyak, narasumber yang diundang adalah kakak Alumna yaitu dr. Ita-90, sebagai mederator adalah mas Agoes Noer, yang sangat seru dan ramai, kocak abis deh. Terima kasih ya mbak Lusy & Mbak Ita.

Film Making bersama mas Cecep (Yoseph Anggi Noen)

Lokasi : Sergun
Peserta : 51 orang dengan PJ : Rina Pudel’03, MC Tika’06
Ruang yang gelap, sound yang asyik, para peserta pun antusias mengikuti kelas ini, apa sih film itu, gimana sih mewujudkan sebuah ide sampai ke film, gimana buat skenario yang bagus, sampai teknis pembuatan film semua disampaikan secara santai oleh mas Cecep sang sutradara “Tapi Maaf” tahun 2000, “Ketemu Bapak” th 2002, “The Waiting” tahun 2005

Fotografi bersama Mas Oblo dan Mas Himawan
Lokasi : R. 18
Peserta : 41 orang, PJ : Oda’06, MC :Irene’07
Gak kalah seru juga dengan kelas worshop yang lain, Mas Oblo dan mas Himawan sharing tentang Photography Making… , juga tetep ada hunting foto bareng ….. wah.. masuk kelas-kelas workshop yang lain juga …....

Creative Writing bersama Andrea Hirata
Lokasi : R. 19
Peserta : 68 orang, PJ Dephoy’03, MC : Tita’90
Wah, mas Andrea kok belum datang ya, tetapi para siswi masih semangat dipimpin oleh Dephoy, untuk setia menanti sang Laskar Pelangi, yang ternyata pesawatnya delay. Tapi kok, loh ada Oma-oma Suster.... Ternyata beliau ( antara lain Sr Angela…dll ) juga penggemar Andrea Hirata, duh sampai rela ikut menunggu. Pukul 10.30 akhirnya datang juga, para siswi kelas creative writting berteriak-teriak ”Mas Andrea…!!!” . Oma Suster pun segera bergabung dengan para siswi di kelas. Seru dan tetap semangat sharing bersama Andrea. Dan ketika acara berakhir pun masih ada sesi Tanda Tangan, Foto bareng..(hehehe…) dan di depan ruangan juga ada penjualan buku Tetralogi Laska Pelangi dan merchandisenya, yang juga laris manis. Tanda Tangan di buku, baju seragam, tas sekolah, wah segala cara deh...

Pukul 12.00 tepat, berakhirlah acara siang itu, semua siswi sudah pulang, dan tinggallah kami panitia yang berbenah. Total kelas Workshop dan Talkshow ada 12 kelas, dengan peserta 578 siswi.


Terima kasih kami ucapkan kepada :
• Andrea Hirata
• Regol dan Bentang
• Chef Ragil
• Bimoli dan Simas
• Rose Brand
• Hellen Purbonegoro’97
• Dwi ”Oblo” Prasetyo dan Himawan
• Natasha Skin Care
• Hanny Salon
• Lusy Laksita dan dr. Ita
• Yosef Anggi Noen
• Poppy dan Lindi
• Kado Kita
• Teammates barrista Kedai Kopi
• Clay Station
• Mc Donalds
• Kiko
• K-see Salon
• Bakpia 25
• Teh Tong Ji
• Stella bakery
• Olla Roti dan Kue
• Andi n Team LCD
• Dado LCD
• Youth center Keuskupan Agung Semarang
• Pak Lis dan Pak Pram, Pak Joko, Bu Yuli
• Ibu Sundari, Ibu Ina, dan Ibu Rina (yang setia menemani kami sampai malam,
makasih makan malamnya ya bu...)
• Pak Bambang dan Pak Agus
• Mas Hari, mas Yanto, mas Puji, mas Antok, Mas Agus
• Para Siswi SMA Stella Duce 1 semuanya
• Bapak-bapak keamanan dan Cleaning Service
• dan Teman-teman Panitia, Semangat!

Rangkaian acara berikutnya ...Tanggal 16 & 17 Juni..Fun Games..

stay in touch..& salam cinta

-Editorial by Terry92&Sie Acara
-Photo by TT03-NN91

3 comments:

Anonymous said...

senengnyaaaaaaaaa.... adik2ku mengikuti kegiatan yg menuntut kreativitas, semoga menjadi tolak langkah selanjutnya usai dr stece sabirin 1-3 tercinta.

muah2....

siskaris- sos93 lulus 93 ^_^
http://siskaris.multiply.com/

Anonymous said...

makasih mba Siska..udah nengok blog lustrum...

salam....

Anonymous said...

terimakasih mbak dan dek panitia semua, duh serunya, moga moga bisa tiap tahun ada beginian..hiks..

keseringan ya? ya lima tahunan dech, nawar
sukses untuk semua yach
-weni00