Thursday 4 June 2009

Titip pengumuman dari Angkatan 83




MENGETUK HATI PARA DERMAWAN UNTUK MEMBANTU PEMBANGUNAN ASRAMA PUTRI DI SUMBUL, SIDIKALANG, SUMATRA UTARA
Yang dikelola oleh Biarawati Hermanas Carmelitas


Sumbul adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Dairi Sumatra Utara – Indonesia. Mata pencaharian mayoritas penduduknya adalah bertani.

Kongregasi Hermanas Carmelitas mulai bekerja di Sumbul sejak tahun 2000, mereka bekerja di bidang kesehatan, pendidikan, asrama putri, pastoral paroki, pastoral sosial,dll. Sejak awal keberadaan mereka disini, atas permintaan mendesak dari masyarakat dan umat setempat, dan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana, para Suster memberi pelayanan diatas. Bersama Gereja, mereka melayani umat Paroki Sto.Dionisius dan Redemptus Sumbul di 43 stasi (Gereja di desa-desa) yang berjarak antara 4 sampai 45 Km. Kebanyakan desa atau stasi ini, hanya memiliki SD dan beberapa SMP.
Anak-anak dari desa yang tidak memiliki SMP atau mau melanjutkan ke SMU, harus ke ibu kota kecamatan Sumbul, umumnya dengan berjalan kaki kecuali pada hari pekan 1x1 minggu.
Banyak anak-anak remaja di stasi atau di desa-desa tidak melanjutkan sekolah ke SMP atau SMA, karena jauhnya jarak rumah dan sekolah, juga karena keadaan ekonomi keluarga yang kurang mendukung, walaupun sebenarnya, orang tua ingin supaya anaknya sekolah. Orang tua sudah seringkali mendesak Kongregasi untuk menyediakan asrama supaya anak mereka bisa sekolah. Untuk biaya hidup harian asrama, orang tua semampunya akan ikut membantu dengan hasil panen mereka.
Latar belakang kehidupan keluarga adalah petani. Mereka menanam kopi, sedikit padi, cabe, jagung dan sayur-sayuran. Tapi hasil dari panen tidak selalu menggembirakan karena curah hujan yg tinggi sehingga gagal panen sayur. Sedang kopi setahun 2 kali itupun hanya sedikit orang yg punya ladang kopi. Rumah mereka dari papan dan tidur di tikar. Kebanyakan keluarga mereka adalah keluarga besar dan hampir selalu mengalami kurang gizi. Anak-anak yg sudah sekolah, sepulang mereka dari sekolah mereka wajib kerja di ladang membantu orang tua
sampai sore jadi tidak ada waktu untuk belajar. Yang perempuan wajib mengasuh adik-adiknya dan kerja rumah.
Keprihatinan itulah yg menggerakkan Kongregasi untuk mendirikan asrama. Paling tidak
berusaha sedikit membantu pembinaan mental dan kesempatan belajar lebih untuk kaum mudi. Karena tidak sedikit mereka yg IQ nya tinggi. Sangat disayangkan kalau terlantar. Kalau tinggal di rumah pasti mereka akan segera dinikahkan. Sejak awal Kongregasi sudah menerima beberapa siswi SMP dan SMA tinggal bersama-sama di biara. Biara memiliki 2 kamar yang bisa mereka pakai. Sekarang ada 8 anak. Pada tahap awal direncanakan membangun asrama untuk 60 anak.
Berhubung banyak sekali orang tua yang tidak mampu dan tidak bisa membayar, maka Kongregasi terus mencari bantuan dan juga memberikan bantuan untuk memajukan masyarakat. Penyediaan lahan untuk diolah sendiri paling tidak sayuran yang bisa mereka makan, penyediaan sarana peternakan burung puyuh telor dan kotorannya pun dapat dijual serta rencana pembudidayaan ikan Lele.

PENANGGUNG JAWAB PELAKSANA
Nama : Sr. Johanna Baptista H.Carm
Alamat : Jln. Sisingamangaraja Atas No.37 Sumbul 22284 Sumatra Utara – Indonesia
Telp/Fax : 0627 – 450363
Email : bapjo@hotmail.com

Dana bisa dikirim langsung ke:
BRI. Cab. Sidikalang Sumatra Utara
No. Rek : 0194-01-024160-50-4
Nama : SURJANI NITIDJAJA

Sr. Johanna Baptisa H.Carm adalah alumna Stella Duce1 Angkatan 83 dari kelas IPA3
dikenal dengan Surjani Nitidjaja yang tinggal di Asrama Colombo 19 tahun 1980-1983

Informasi lebih lanjut bisa hubungi: Djayani (franjay@bigpond.net.au)

Terima kasih IkaSteSa

No comments: